Membuat Tombol Tutup-Buka

2/13/2010
Blog terlihat ‘sumpek’ karena saking banyaknya widget yang bertebaran?
memasang tombol tutup buka di blogger

Ada 2 cara untuk mengatasinya. Pertama, ya dengan menghapus beberapa widget tersebut. Tapi, gimana kalo widget tersebut nggak ingin dihapus karena alesan tertentu?

menyembunyikan widget dengan tombol tutup-buka
Kita sembunyikan aja. Caranya yaitu dengan membuat tombol tutup buka. Jadi jika tombol tersebut diklik, widgetnya akan muncul secara otomatis. Dan bila diklik lagi, wigdetnya akan sembunyi lagi. Dengan cara ini, kita bisa lebih menghemat tempat di Blog kita tanpa perlu menghapus widget yang sekiranya penting.


Cara membuat tombol tutup bukanya yaitu dengan men-copy kode HTML dan Kode widget seperti berikut:

<div align="center"><div style="margin: 5px;"><div style="margin-bottom: 2px;" class="smallfont"><input style="margin: 0px; padding: 0px; width: auto; font-size: 12px;" value="Tampilkan" onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Tutup'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'Tampilkan'; }" type="button"/></div><div class="alt2"><div style="display: none;"><div style="border: 0px; text-align: center;">


Taruh kode Widgetmu disini…


</div></div></div></div></div></div></div>

Selain untuk menyembunyikan widget, juga bisa digunakan untuk menyembunyikan gambar, tulisan, dan sebagainya. Caranya sama. Taruh saja ditengah-tengah kode barusan.

Semoga bermanfaat untuk Kawan-Kawan Blogger sekalian…. Salam Blogger!! ^^

<ZepT>

5 komentar:

  1. kalau kebalikan nya gmna sob...gambar nya kebuka dulu trus pas langsung di klik dia nutup http://rabel306.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Salam kenal ya.., mampir kesini mo blajar buat tombol buka tutup.., maklum nih masih newbie.., mksi sharenya ya..

    BalasHapus
  3. sip tenan tutorialnya langsung coba deh

    BalasHapus
  4. Makasih infonya sob,salam kenal and happy blogging.

    BalasHapus

 
Copyright © Septian DC. All rights reserved | Blunique Designed By Zepuutou
Powered by Blogger.com and W3.org